Selasa, 10 Juni 2014

memperbaiki tinta infus yang macet

normalnya printer pada waktu melakukan printer biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya :
  • Head Printer kering karena jarang pemakaian
  • Selang tinta infus tersumbat
  • Tinta Kering
  • Head printer banjir
  • Dll.
Dengan begitu kinerja printer jelas tidak akan normal dan menghasilkan tulisan atau gambar tidak sempurna, untuk saran pertama printer harus dipakai 1 lembar print per hari supaya aliran tinta ke head printer terus normal dan tidak kering. Masalah seperti diatas bisa terjadi pada semua tipe printer, baik printer epson , printer canon dan printer-printer lainnya
Cara Memperbaiki Tinta Printer Macet Dan Tersumbat Karena Kering/Masuk Angin

 
 Cara Memperbaiki Tinta Printer Macet Dan Tersumbat Karena Kering/Masuk Angin 
Untuk Memperbaiki Head Printer Yang Macet/kering
  1.  Pertama sekali anda siapkan suatu mangkok memiliki ukuran kurang lebih 200 ml serta yakinkan mangkok itu bersih dari debu atau bekas makanan yang melekat.
  2. Siapkan air hangat. Berapa suhunya ? Dikira-kira saja, yang penting jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin pula. Jika terlalu panas akan bisa menyebabkan head rusak, jika terlalu dingin akan lebih susah dalam menghilangkan sumbatan tersebut. Jika bingung, campur saja air panas dan air dingin 50%:50%
  3. Jika sudah, siapkan cartridge yang akan dihilangkan sumbatannya. Cari bagian headnya. Bagian head adalah bagian tempat keluarnya tinta, biasanya terbuat dari kuningan dan berwarna kuning. Jika tetap tidak tau ya kayaknya kebangeten banget, he…

  4. Kalo sudah ketemu, celupkan secara perlahan-lahan bagian head tersebut kedalam air hangat sambil digoyang-goyang. Hal ini bertujuan agar tinta yang kering bisa lebih cepat luntur. Perhatikan juga warna airnya. Biasanya akan cepat sekali berubah menjadi hitam (karena tinta tersebut tentunya). Jika sudah berubah menjadi sangat hitam, ada baiknya anda ganti lagi dengan air yang baru, kemudian celupkan lagi headnya.
    Catatan: Anda tidak perlu khawatir terjadi konsleting (hubungan pendek), karena cara ini sudah banyak yang menggunakan dan terbukti.
  5. Lakukan beberapa kali hingga tinta dapat keluar dengan lancar. Jadi air yang digunakan akan lebih cepat lagi berubah menjadi hitam karena tinta yang keluar dari head tersebut.
  6. Jika air tidak berubah warna malah berarti cartridge masih tersumbat karena tidak ada tinta yang bisa keluar. Hal tersebut terjadi pada cartridge yang sudah sangat lama tidak digunakan (lebih dari 1 tahun), dan kemungkinan besar tidak bisa untuk diperbaiki, karena memang sumbatan tinta tersebut sudah terlanjur kering.
  7. Jika proses peleburan sumbatan tersebut sudah dianggap cukup, maka segera keringkan cartridge tersebut dengan lap halus atau tisu.

Catatan :
Kerjakan tutorial di atas hingga print head betul-betul telah tak terhalang lagi serta bisa cetak dengan baik serta normal kembali, jika telah dikerjakan sekian kali nyatanya print head terus tak dapat cetak dengan baik maka print head anda di pastikan telah rusak permanen serta mesti ditukar dengan yang baru.
 cara ke 2 untuk Tinta yang macet/tidak ingin keluar waktu melakukan printer

  • Silakan anda masuk pada menu Print lalu mencari menu bertuliskan Maintenance. nah disitu silakan anda kerjakan " Cleaning " sejumlah 5-7x berturut-turut (tiada Print Nozzle Check) spesial untuk tinta yang macet keluar. Umpamanya yang macet yaitu tinta hitam maka silakan anda tentukan warna hitam saja, namun bila yang macet yaitu tinta warna (apa pun warnanya), maka silakan anda tentukan yang warna saja. 
  • Saat ini silakan anda teliti akhirnya dengan Print Nozzle Check, serta jika tetap keluar tak lancar, silakan anda ulangilah lagi sistem di nomor 1. 
  • Sesudahhasil Nozzle Check tampak lancar serta tak bergaris, maka selamat printer anda telah dapat dipakai kembali untuk bikin hehehe 
    Catatan : 
    Sistem Cleaning bakal mengonsumsi tinta jadi ingin di perhatikan.
    Bila nyatanya anda telah mengulangi sistem nomor 1 hingga 3x namun tinta belum keluar juga, maka kemungkinan cartridge anda telah betul-betul buntu serta harus anda mesti melepas Cartridge itu serta merendamnya dengan Air Hangat.

    Untuk Tinta yang bocor atau belepotan waktu cetak 

  • Silakan anda Print Alignment terlebih dulu pada menu Maintenance. 
  • Pada masalah saya sistem alignment ini betul-betul dapat menghindar terjadinya blobor terlalu berlebih hingga nanti hasil bikin tak kacau. 
  • Sesudah usai cobalah anda kerjakan Print Nozzle Check, bila tinta keluar dengan lancar serta tiada blobor maka anda sudah sukses. Tetapi bila tetap ada kerjakan Print Alignment lagi pada sistem nomor 1. 

Catatan : 
Sistem Print Alignment juga cukup dikerjakan optimal 3x saja, bila tetap blobor maka langkah paling baik yaitu mematikan printer anda lebih kurang 3jam serta lalu silakan anda tes bikin lagi. Simpan tabung tinta sejajar dengan printer supaya posisi tinta tidak mencari daerah yang lebih renda dan tinta tidak terus mengalir.


Itulah beberapa Cara Memperbaiki Tinta Printer Macet Dan Tersumbat Karena Kering/Masuk Angin yang bisa anda coba untuk memperbaiki printer yang rusak atau macet tintanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar